Rekomendasi Stang Fatbar Tinggi Selain Wilwood

Halo brok,, kembali lagi sama ane, lama sudah tidak ngeblog karena kegiatan kampus hehe. Oke kali ini ane akan membahas sebuah produk yang lumayan sering dicari banyak orang, terutama bagi kalian yang suka touring dsb. Produk apakah itu? mari simak dibawah.

Tahun 2019 kemaren ane berniat untuk melakukan modifikasi pada stang motor ane, ya supaya posisi riding jarak jauh lebih nyaman dan anti pegel. Pilihan stang aftermarket ternyata sangat banyak, tetapi ane tertuju pada suatu produk stang yang lumayan digemari para penggiat touring yaitu stang fatbar tinggi merk Wilwood. Kenapa memilih fatbar? karena posisi riding yang diberikan oleh stang fatbar menurut ane sangat nyaman, apalagi untuk jarak jauh. Posisi tangan kita yang lebar memberikan kepercayaan diri untuk mengendalikan motor pada saat mengendarainya, dan juga untuk perjalanan jauh posisi ini lumayan nyaman dibandingkan dengan stang yang lebih sempit.

Setelah sekian lama melakukan hunting produk tersebut ane tersadar bahwa stang tersebut sudah jarang atau bahkan tidak diproduksi lagi, yaa,, mungkin karena sangat laku jadi stoknya pada habis di toko-toko online maupun offline.

Hampir putus asa karena tidak mendapatkan stang yang ane cari, akhirnya setelah beberapa bulan mencari ane berhasil mendapatkan stang tsb di Facebook Marketplace. Tanpa pikir panjang langsung ane beli walaupun harganya agak mahal dari harga pasaran.

3 hari menunggu akhirnya pesanan ane datang, tetapi pada saat ane unboxing ternyata kondisinya berbeda seperti yang tertera di foto iklan pada Facebook Marketplace. Banyak sekali lecet dan goresan pada stang tsb dan warna cat anodize nya juga pudar, namun ane berusaha maklum karena barang yang ane beli juga barang second bukan baru.

Merasa tidak puas, ane kembali melakukan hunting dan sayang sekali kali ini ane tidak bisa mendapatkan barang yang ane cari. Tetapi pada saat proses hunting ane mendapat informasi baru bahwa ada stang lagi yang bentuknya hampir sama dengan stang Wilwood yang ane cari. Namanya stang Alfa model tinggi dan untungnya stang ini masih banyak beredar dipasaran baik online maupun offline.

Akhirnya karena rasa penasaran ane langsung membelinya di salah satu online shop dan setelah menunggu beberapa hari barang tsb datang dan langsung ane unboxing.
Gimana perbandingan stang Alfa Tinggi dengan stang Wilwood? silahkan simak dibawah.


Perbandingan Tinggi - Untuk tinggi, disini tinggi dari titik raiser ke bagian handgrip stang Wilwood masih lebih tinggi dan agak datar. Sedangkan pada stang Alfa lebih pendek dan pada bagian handgrip lebih kebelakang yang membuat posisi stang lebih dekat dengan tangan kita.


Ketebalan Material - Untuk ketebalan material disini jelas berbeda jauh, Untuk stang Wilwood materialnya terbuat dari aluminium yang lebih tebal dan terasa ringan, sedangkan untuk stang Alfa materialnya terbuat dari besi yang lebih tipis dan terasa agak berat.


Perbandingan Lebar - Untuk lebar keseluruhan, stang Wilwood masih menjadi pemenangnya, namun posisi handgripnya lebih datar dibandingkan dengan stang Alfa yang agak condong kebelakang.


Perbedaan Posisi Handgrip - Pada bagian ujung atau handgrip disini stang Wilwood terlihat lebih datar, sedangkan pada stang Alfa lebih condong kebelakang yang membuat tangan kita lebih dekat dengan stang.

Overall pilihan ane jatuh kepada stang Wilwood tetapi dengan catatan harga yang masih normal dan juga kondisi yang masih bagus. 

Untuk soal posisi riding jika kalian mencari posisi stang yang dekat dengan tangan kalian maka stang Alfa lebih cocok menurut ane, karena harganya yang jauh lebih murah dan ketersedian barang juga masih banyak di toko-toko online maupun offline.

Kalau kalian mencari stang yang nyaman dan terbuat dari material yang tahan lama stang Wilwood lah yang cocok menurut ane, karena stang tsb terbuat dari aluminium yang tidak gampang berkarat dan lebih ringan daripada stang Alfa yang terbuat dari besi yang dapat berkarat jika tidak terawat dan tidak hati-hati dalam penggunaanya.

Untuk soal harga, stang Alfa bisa kalian dapatkan dengan rentang harga sekitar 50 ribu - 80 ribu rupiah tergantung dimana kalian berdomisili. Sedangkan untuk stang Wilwood karena barangnya sudah mulai langka maka harganya juga mulai gelap, anggap saja jika harga barunya dulu 150 ribu sekarang bisa mencapai 200-300 ribu rupiah tergantung dengan kondisi, bisa juga lebih murah.

Sekali lagi ini adalah opini pribadi ane, mumpung ane ada ke 2 stang tsb jadi gada salahnya buat ane review sekalian nambah post di blog yang berdebu ini hehe..

Oke sekian dulu dari ane,,
Ride safe
Wasalam,,

Comments

Post a Comment