Sejarah Yamaha V-ixion (OVI, NVL, NVA, ANV, ANV-R)

Halo gaes... kembali lagi bareng ane. Karena sudah lama tidak mengepost sesuatu yang berhubungan tentang motor. Hari ini ane bakalan mengulas sebuah motor dari pertama peluncuran nya di Indonesia sampai sekarang ini.

Ada yang tau motor apakah itu? Bagi kalian yang bisa membaca judul dari post ini Ya.. benar sekali sekarang ane akan mengulas seluk beluk tentang motor yang sudah lama berkeliaran di Indonesia yaitu Yamaha Vixion.

Sejarah Yamaha Vixion - Pada tahun 2007 Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan generasi pertama dari Yamaha V-ixion. Yamaha V-Ixion merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar. Sepeda Motor ini bersaing di kelas motor sport 150 cc untuk mengimbangi kompetitor dari produsen lainnya.

Secara konstruksi mesin, Yamaha V-Ixion merupakan pengembangan dari Yamaha Jupiter MX dan versi turunan dari Yamaha Scorpio Z. Tetap mengusung konfigurasi 4 klep dengan camshaft/noken tunggal atau bahasa kerennya SOHC, bervolume silinder 149,8 cc dan bersistem injeksi bahan bakar. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator karena dapat mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat, baik dalam proporsi dan keseragaman. Menyalakan mesin menjadi lebih mudah dan lebih tahan terhadap suhu ekstrim.


Generasi Pertama 2007-2012 (Old V-ixion)
Berkode mesin 3C1, Old V-ixion atau yang dikenal dengan istilah singkatan OVI bagi penggunanya adalah generasi motor Yamaha V-ixion pertama yang diluncurkan YIMM pada tahun 2007 - 2009. V-ixion ini memmiliki ciri khas yaitu menggunakan lampu bulat/pesek bawaan pabriknya.

Kemudian pada tahun 2010 - 2012 muncul lagi "penyegaran" dari generasi pertama ini. Perubahan hanya terjadi pada bagian striping/sticker dan juga lampu yang berubah yang semula menggunakan lampu model bulat menjadi model yang lebih lancip.



Motor Yamaha V-ixion generasi pertama ini masih menggunakan speedometer dan tachometer analog serta rem belakang yang masih menggunakan tromol.

Motor Yamaha V-ixion generasi pertama ini memiliki kelebihan dari generasi V-ixion yang lain. Kenapa? karena blok mesin 3C1 yang dimiliki V-ixion generasi pertama ini dikenal sebagai blok mesin yang memiliki material yang bagus daripada generasi penerusnya. Intinya blok mesin ini tidak budah baret/rusak.

Generasi Kedua 2012 - 2014 (New V-ixion Lightning)
Setelah melakukan perubahan pada generasi pertama, YIMM meluncurkan generasi baru untuk lineup motor V-ixion mereka. Namun kali ini YIMM langsung mengeluarkan varian All New yang mereka namai New Vixion Lightning (NVL) dengan kode mesin 1PA.



Perubahan yang terjadi pada generasi ini sangat banyak, Mulai dari disematkannya cakram belakang, bodi yang lebih bongsor, perubahan pada velg dan swing arm, lampu depan, lampu belakang dll. Hampir semua bagian pada motor ini berubah kecuali pada spesifikasi mesin. Spesifikasi mesin pada generasi kedua ini masih sama seperti generasi yang pertama, namun hanya berganti kode mesin menjadi 1PA.

Untuk bagian cockpit instrumen speedometer telah berubah. Di generasi ini sudah mengunakan speedometer digital namun tidak dengan tachometernya. Motor ini juga sering disebut sebagai Shinchan karena lampu headlampnya mirip dengan kepala Shinchan hehehe..

Generasi Ketiga 2015 - 2016 (New V-ixion Advance)
Setelah beberapa tahun NVL diproduksi oleh YIMM, mereka kembali melakukan penyegaran untuk motor V-ixion Mereka. Kali ini perubahan yang terjadi hanya sedikit dan bisa dibilang face-lift dari versi sebelumnya. Perubahan hanya terjadi pada bagian headlamp, undercowl, spakbor depan & belakang dan kelistrikan. 



Untuk bagian mesin hanya terjadi perubahan pada warna bak kopling dan magnet yang dilumuri warna dark gold berbeda dari versi sebelumnya yang hanya berwarna putih biasa.

Generasi Keempat 2017 - Sekarang (All New V-ixion)
Setelah lama menunggu akhirnya pada tahun 2017 YIMM meluncurkan varian terbaru dari motor V-ixion mereka. Yaitu All New Vixion (ANV). Pada kali ini perubahan terjadi pada semua bagian dan komponen motor. Mulai dari tampilan sampai ke mesin.



Headlamp & tail light sudah menggunakan lampu LED dan juga speedometer dan tachometer sudah full digital.

Pada bagian mesin dibenamkan vitur ASC (Assists & Slipper Clutch) untuk varian biasa dan ASC & VVA (Variable Valve Actuation) untuk varian All New Vixion R. Pada varian All New Vixion R juga dibenamkan 6 speed transmission berbeda dengan 5 speed transmission yang ada pada varian All New Vixion biasa.


Pada bagian kaki-kaki tidak berubah namun untuk varian All New Vixion R menggunakan swing arm belakang model banana persis seperti R15 V3.

Oke mungkin sekian dulu dari ane. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi
Ride safe.. 

Comments