Mengenal Komponen Mesin Sepeda Motor Berserta Fungsinya (4 Tak)

Pengen jadi mekanik motor? Tapi belum mengerti dasar-dasar mesin motor? Jangan khawatir disini kita akan membahasnya bersama. hehe ane juga masih newbie :D

Mesin kendaraan bermotor secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi dua macam. Yaitu mesin 4 tak (4 langkah) atau 4 stroke dan mesin 2 tak (2 langkah) atau mesin 2 stroke. Sebenarnya ada satu lagi yang menggunakan motor listrik tapi disini kita hanya akan membahas yang menggunakan bahan bakar minyak saja.

Sebelum belajar cara kerjanya kita harus berkenalan dulu dengan komponen-komponennya. Simak gambar dibawah ini

Oke mari kita bahas satu-satu fungsi dari setiap komponen diatas:

A. Intake Valve
Katup atau klep masuk/hisap berfungsi untuk mengatur buka tutupnya saluran hisap (Gambar C). Bagian komponen ini terdiri dari katup, per dan pelatuk (rocker arm).

B. Valve Cover
Valve cover atau engine cover berfungsi untuk melindungi komponen yang ada didalamnya seperti katup masuk dll.

C. Intake Port
Saluran masuk berfungsi untuk memasukan campuran udara dan bahan bakar yang waktunya diatur oleh Intake Valve.

D. Head Cylinder
Keala silinder berfungsi sebagai tempat kelengkapan mekanisme katup (intake & exhaust) juga sebagai saluran masuk dan saluran pembuangan sekaligus tempat pemasangan busi (spark plug).

E. Coolant
Pendingin silinder bisa berupa cairan (radiator) atau kisi-kisi (sirip) berfungsi untuk mendinginkan silinder mesin agar efisiensi tetap terjaga dan agar mesin tidak overheat.

F. Engine Block
Blok mesin berfungsi sebagai tempat untuk menampung komponen dalam mesin seperti piston, stang seher, kruk as dan lain-lain.

G. Oil Pan
Berfungsi sebagai tempat penampung oli yang dimasukan ke mesin.

H. Oil Sump
Genangan oli atau kapasitas oli yang berfungsi sebagai pelumas komponen mesin. Contoh 800mL, 1L, 4L dan lain-lain.

I. Camshaft
As atau poros kam atau yang lebih dikenal dengan noken as berfungsi untuk mengatur timing buka tutup katup intake dan exhaust. Ada dua macam camshaft yaitu DOHC dan SOHC namun itu akan kita bahas di lain artikel.

J. Exhaust Valve
Katup atau klep masuk/hisap berfungsi untuk mengatur buka tutupnya saluran buang ke knalpot (Gambar L). Bagian komponen ini terdiri dari katup, per dan pelatuk (rocker arm).

K. Spark Plug
Spark plug atau Busi berfungsi untuk membuat percikan api yang digunakan untuk membakar campuran udara dan bbm.

L. Exhaust Port
Saluran buang berfungsi untuk mengeluarkan atau membuang sisa hasil pembakaran yang waktunya diatur oleh Exhaust Valve.

M. Piston
Piston berfungsi untuk membuat gerakan naik turun yang menghasilkan pembakaran pada silinder dimana bahan bakar nya di supply melalui Intake Port dan hasil sisa pembakaran dikeluarkan melaui Exhaust Port.

N. Connecting Rod
Connecting Rod atau sering disebut Stang Seher berfungsi untuk meneruskan gerakan naik turun piston supaya menjadi gerakan memutar di Crankshaft (Gambar P).

O. Rod Bearing
Titik pertemuan antara stang seher dengan crankpin (bagian dari crankshaft atau kruk as).

P. Crankshaft
Crankshaft atau Kruk As berfungsi untuk meneruskan gerakan naik turun piston yang telah berubah menjadi gerakan memutar ke gear box atau persneling dan kemudian ke roda.

Ok setelah membahas semua komponennya kemudian kita membahas cara kerjanya.
Mesin 4 stroke sering disebut juga mesin 4 langkah karena dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami 4 langkah piston yaitu : 

Intake - Compression - Combustion - Exhaust
Atau
Hisap - Kompresi - Ekspansi - Buang

Lebih jelasnya lihat gambar & gif dibawah


Gimana? Sudah cukup jelas kan? di artikel selajutnya ane akan membahas tentang SOHC dan DOHC jadi ditunggu saja ya artikel selanjutnya.

Oke sekian dulu dari ane.
Ride Safe.
Wasallam.

Comments

  1. Bagian penampung oli pada kruk asa itu sperti apa ya?
    Yng membsahi stang seher

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu oil pan / bak oli, biasa terletak di bagian bawah mesin. kalau di kendaraan roda 2 biasanya langsung menyatu sama blok mesin

      Delete

Post a Comment